deddynoer: MEMBUAT BLOG

Jika kita sudah membuat sebuah blog, atau website, maka kita tentu ingin agar sesegera mungkin blog/web kita ini masuk di search engine. Karena search engine, bisa dikatakan kunci untuk ‘mendatangkan banyak kunjungan ke web/blog kita’.

Karena 85% pengunjung website saya adalah dari search engine, demikian juga banyak website dengan ‘kunjungan banyak’ lainnya.

Bahkan statistik itu berlaku hampir di semua bisnis online.

Jadi jika kita fokus pada search engine rangking, maka sangat tepat sekali, sebagai langkah awal mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita. Baru kemudian setelah kita sudah semakin menguasai search engine, kita bisa mencoba tehnik promosi yang lain.

Langkah supaya terbaca oleh robot search engine adalah:

1. Fokus saja ke 3 search engine besar utama: Google.com, Yahoo.com dan Msn.com!

Jadi jangan tertarik dan tertipu dengan jasa submit blog/web ke ratusan atau bahkan ribuan search engine.

Bahkan Anda bisa fokus ke Google.com terlebih dahulu, karena jika masuk di Google.com, sesuai pengalaman saya, tidak akan terlalu lama, Msn dan Yahoo pun akan mengindeks website saya.

2. Tidak harus submit secara langsung kepada mereka.

Gunakan saja cara tidak langsung yang malah justru lebih efektif. Yaitu:

3. Jika Blog, maka langkah pertama lakukan posting 10 – 25 Artikel.

Google.com akan mengindeks blog kita dengan cepat jika Ada yang bisa dimakan di blog kita. Dan ‘makanan’ robot search engine adalah: ‘Content’.

Jadi supaya cepat dirangking, pastikan isikan blog dengan cukup ‘content’ terlebih dahulu. Isikan dengan paling tidak 10 artikel, baru akan lebih cepat terangking di search engine.

Lalu bagaimana cara mencek apakah web/blog kita sudah termakan oleh search engine? Cukup mudah, masukkan saja alamat website kita di kotak pencarian search engine, baik Google.com ataupun Yahoo.com! Misalnya: alamat website saya adalah http://kerjakeras.com maka saya masukkan: ‘www.kerjakeras.com’ pada kotak pencarian.

Jika blog/web saya sudah diambil oleh Google.com maka ia akan berwarna biru, dan ada penjelasan tentang web/blog saya itu ( deskripsi ). Jika tidak maka warnanya akan hitam, dan ada tulisan: sebagai contoh: Hasil untuk http://www.akugila.com tidak ditemukan.

4. Setelah mengisikan conten secukupnya, maka submitlah blog ke banyak website yang sudah terangking di search engine.

Logis sekali bukan, jika kita ingin masuk di search engine, maka bertemanlah dengan web/blog yang sudah masuk terlebih dahulu. Caranya? Mudah! Pasang Iklan Baris! Gunakan ‘web otomatis pemasang iklan baris’ semacam: growurl.com, efektifkan waktu pemasangan iklan Anda, GrowUrl.com akan mensubmit iklan ( berisi alamat blog/web ) Anda ke lebih dari 100 iklan baris.

Cara lain memperkenalkan web/blog kita ke search engine adalah dengan: Isi komentar di buku tamu, blog yang mempunyai banyak kunjungan seperti blog ini. Forum, dan lain lain.

Pastikan alamat web/blog Anda, Anda isikan dengan benar. Lewat website milik orang lain yang sudah terangking terlebih dahulu search engine akan menemukan alamat blog Anda dan mengambilnya.

Masuk akal bukan?

Bahkan saya bisa sampaikan bahwa, masuk ke search engine, jika Anda fokus dengan mengisikan konten yang berkualitas, ditambah submit alamat blog Anda ke iklan baris atau blog-blog terkenal, sudah hampir bisa dipastikan, website Anda akan terangking. Hanya masalah waktu saja.

Kadang web saya bisa masuk dalam 3 hari, kadang bahkan lebih cepat, kadang seminggu. Tidak masalah bukan? Karena jika Anda akan ada di bisnis online dalam jangka waktu sangat lama, apalah artinya beberapa hari.

Fokus saja dengan isikan konten yang berkualitas ke web/blog Anda, sehingga ketika orang akhirnya menemukan blog Anda lewat search engine, mereka akan senang, dan mereka akan kembali lagi.

Jika content Anda buruk, maka mereka tidak akan datang kembali, bukankah percuma menguasai rangking di search engine, jika kualitas content kita amburadul.

Oleh karena itu, masuk di search engine rangking adalah mudah. Yang lebih sulit adalah menjaga konsistensi untuk memberikan kontent yang berkualitas dalam jangka panjang.

Perlu komitmen dan sikap mau terus belajar!

Apapun bidang yang ingin Anda tulis dan kuasai, jika Anda mau, suka, senang belajar, maka Anda akan tahu banyak mengenai bidang itu, dan jangka panjang Anda akan menjadi expert.

Namun Anda tidak harus menunggu menjadi expert terlebih dahulu. Anda bisa memulai, cari tahu dan sharing di blog Anda, terus baca lagi, bagikan lagi. Semakin lama Anda sendiri akan belajar semakin banyak.

Rangking sudah tentu, jika fokus Anda menyediakan konten berkualitas!

BLOGGER FOR WORD, MENULIS BLOG

LEWAT MICROSOFT OFFICE WORD

Salah satu penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis adalah Blogger. Situs Web yang telah diambil alih oleh Google ini dapat diakses di alamat http://www.blogger.com. Di situ, Anda tinggal mendaftar. Selesainya pendaftaran, Anda bisa langsung membuat blog, bikin tulisan, dan “menerbitkannya”.

Untuk pendaftaran, Anda memang harus online. Akan tetapi, untuk menulis Anda tidak perlu online supaya bisa menghemat biaya ber-Internet. Cara yang paling sederhana adalah dengan menulis blog dulu di penyunting teks, seperti Notepad atau Microsoft Word, secara offline. Kalau sudah selesai, baru online, kemudian buka situs Web layanan blog, login, lalu copy-paste hasil tulisan yang ada di penyunting teks.

Kita sebut cara yang barusan disebut adalah cara manual. Cara yang akan dijelaskan berikutnya kita sebut dengan cara otomatis. Tulisan tetap dibuat secara offline. Online-nya baru nanti, setelah tulisan selesai dibuat. Cara otomatis ini menggunakan Microsoft Word. Tapi, bukan sebarang Microsoft Word, melainkan Microsoft Word yang sudah dilengkapi dengan add-on bernama Blogger For Word. Aplikasi tambahan gratisan itu bisa didapat dari http://buzz.blogger.com/bloggerforword.html. Ukuran paket instalasinya kecil, cuma 2MB.

Cara pemakaiannya bisa diringkas seperti ini. Setelah Blogger For Word di-install, toolbar Blogger akan muncul pada Microsot Word. Kemudian, tuliskan isi blog seperti biasa, tetapi jangan online dulu, offline saja. Kalau tulisan sudah selesai, nyalakan koneksi Intenet, lalu publish deh.

Nah, cara detailnya seperti ini. Oh ya, pada contoh ini yang digunakan adalah Microsoft Office Word 2007. Di versi lama mungkin berbeda, tetapi sedikit saja.

1. Klik [Add-Ins] pada menu di sebelah atas. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Insert], [Page Layout], dan lain-lain.

2. Klik [Blogger Settings], kemudian pada kotak yang muncul, masukkan username dan password untuk masuk ke Blogger. Klik [OK].

3. Ketikkan isi blog di dalam Word. Kalau sudah selesai, online-lah. Kemudian, klik [Publish].

4. Masukkan judul blog dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu. Klik [Send].

Selesai.

Explore posts in the same categories: Tentang Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: