deddynoer: Kenalkan Blog Mu Ke Seluruh Dunia

Blog anda sudah siap? Maksudnya anda sudah selesai membuat blog? Anda sudah memperkenalkan blog anda ke seluruh dunia? Bagi pemula (new user) mungkin agak bingung dengan pertanyaan saya ini. Bukankah blog yang udah kita bikin akan langsung di go public-kan oleh blogger (pengguna blogspot)? Jawabannya ya. Memang benar! Blog yang sudah anda bikin pasti akan langsung di promosikan oleh blogger ke seluruh dunia (internet system) jika pada menu pengaturan blog anda, anda set ke-masukkan blog ke daftar kami.
Oke……. Untuk mempersingkat, berikut adalah langkah-langkah memperkenalkan (mempromosikan blog) anda ke dunia.

  • Log in ke blogger. Atau klik disini untuk memulai. Anda akan dibawa ke halaman log-in. isikan username dan pasword andaJika pada computer anda sudah anda set remember me untuk setiap kali mengunjungi www.blogger.com, maka anda akan langsung dianggap log-in. dan anda akan langsung masuk menu panel control.
  • Klik pengaturan (setting) – letaknya di samping kiri bawah dari judul blog anda.
  • Pada menu pengaturan (setting) dasar, isikan “ya” pada item tambahkan blog Anda ke daftar kami?
  • Isikan “ya” pada item Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda?
  • Dua item tersebut yang akan mempengaruhi tenar atau tidaknya blog anda. Jika sudah selesai, klik Simpan pengaturan (save setting)

Hal tersebut diatas adalah langkah pertama agar blog bisa dilihat orang lain. Selanjutnya, klik sub menu feed situs. Pada bagian ini, anda isikan :

  • Singkat” pada item Feed Posting Blog. Maksudya: postingan anda akan muncul dihalaman feeds anda hanya paragraph awal saja. Keuntungan dari pengisian “singkat” ini, memaksa pengunjung atau pembaca tulisan anda pada halaman feeds harus tetap masuk ke halaman blog anda. Tentang feeds ini, akan saya ulas pada bagian lain.
  • Penuh” pada item Feed komentar blog dan feeds komentar tiap posting. Maksudnya, apabila ada pengunjung yang berkomentar pada blog anda dan atau pada postingan anda, akan langsung muncul di halaman feeds anda secara penuh. Ini menguntungkan bagi anda, karena pembaca yang sedang membaca komentar akan tertarik untuk membaca artikel utama (postingan Anda). Artinya, pengunjung harus tetap kembali ke halaman blog anda.
  • Isikan alamat feeds blog anda pada item Posting URL Pengubahan Arah Feed. Jika anda belum tahu alamat feeds anda, dapat anda kosongkan terlebih dahulu. Saya akan bahas Feeds ini pada bagian lain.
  • Pada bagian Footer Feed Posting, biarkan kosong. Lalu klik simpan pengaturan (save setting).


Pada tahap ini, blog anda sudah bisa diakses oleh pengunjung yang menggunakan fasilitas pencarian blog–nya Google. Tapi apakah blog kita ini sudah bisa di cari (search) menggunakan pencarian web? Untuk mengetahuainya: cobalah isikan alamat blog anda pada form pencarian-nya Google. Jika pada hasil pencarian Google blog anda sudah muncul, anda nggak perlu lagi melanjutkan membaca tutorial ini. Tapi jika pada hasil pencarian Google tadi, blog anda belum muncul, inilah saatnya anda meningkatkan kemampuan diri anda.

Anda dapat klik di sini untuk mendaftarkan blog anda pada google, atau copy paste alamat ini ke form address bar anda: http://www.google.com/addurl

  • Pada form masukkan URL, masukkan alamat blog anda, lengkap dengan http-nya. Contohnya: http://deddynoer.blogspot.com
  • Pada form komentar, masukkan keyword atau kata kunci pencarian blog anda. Saya contohkan. Apabila blog anda membahas tentang desain grafis atau desain gambar, anda dapat memasukkan komentar belajar membuat gambar animasi, atau teknik desain grafis. Jika blog anda tentang pengalaman kehidupan anda, anda dapat masukkan komentar: pengalamanku saat kuliah, atau pengalaman masa kecil.
  • Jangan lupa masukkan kode-kode huruf yang diberikan. Kode ini untuk membedakan antara software penyepam ataukah anda adalah memang manusia. Artinya, jika anda adalah manusia, anda pasti bisa membaca deretan huruf tersebut. Artinya…… jika software Spam, tidak akan memasukkan kode huruf tersebut. Oleh google, akan dianggap sampah.
  • Jika sudah, klik tambah url (addurl).
  • Anda akan dibawa pada halaman selanjutnya. Klik link google webmaster tools. Anda akan dibawa ke halaman verifikasi situs anda.
  • Klik verify.
  • Anda akan dibawa ke halaman verifikasi situs anda. Pilih cara memverifikasi situs anda dengan cara add meta tag (kusus pengguna blogspot). Copy code HTML yang diberikan oogle dan paste – kan ke template anda.. Saya akan membahas ini pada bagian lain.

Tunggu beberapa saat. Jika notifikasinya berbunyi: Verification status: verify, Anda tidak perlu malanjutkan membaca tutorial ini. Tapi jika anda masih ingin membaca keterangan lebih lanjut, saya akan lanjutkan tulisan ini pada sesi berikutnya.

Explore posts in the same categories: Tentang Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: