deddynoer: Koneksi Internet Baru EV-DO JUMP CDMA Dari Smart ?

Rekan sekalian, saya dapat info mengenai koneksi internet EV-DO CDMA namanya JUMP (dari SMART) mungkin bisa jadi referensi buat rekan semua untuk coba internet baru ini.

Smart Luncurkan Modem “Jump” CDMA EVDO

link: http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/11/12/20084489/smart.luncurkan.modem.jump.cdma.evdo

Rabu, 12 November 2008 | 20:08 WIB

JAKARTA, RABU – Operator seluler PT Smart Telecom meluncurkan modem yang dapat digunakan di jaringan CDMA (Code Division Multiple Acces) yang diberi nama “Jump”. Peluncuran dilakukan di sela pameran Indocomtech 2008 yang digelar di Jakarta Convention Center, 12-17 November 2008.

Director Corporate and Data Solution Smart Telecom, Fanda Soesilo, saat jumpa pers peluncuran “Jump” di Jakarta Rabu (12/11) menyatakan, modem Jump menggunakan teknologi CDMA terbaru EV DO (Evolution Data Only) Rev-A. Dengan teknologi EV DO yang memisahkan antara voice (suara) dan data, maka modem ini akan memiliki kinerja cepat, berbeda dengan modem teknologi GSM/GPRS.

Kecepatan unduh (download) modem ini berkisar 1,8 Mbps (megabit per second). Menurut Fanda, pada tahap awal, Jump hanya akan dipasarkan di Jabotabek tanpa merinci jumlah unit yang akan djual.

“Saat ini kita tidak menargetkan jumlah penjualan, target utama kami adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan,” katanya.(ANT)

========================================================================

Koran Tempo 12-Nov 08
Pesaing 3,5 G dari CDMA

Teknologi CDMA kembali bersinar dengan EV-DO. Bakal melibas teknologi 3,5 G GSM?
Sepertiga hari-hari Nur Laila selalu habis di kafe, restoran, atau jakanan. Gadis energetik itu kerap harus pindah dari satu kafe ke kafe lain demi memburu klien. Membuat proposal bisnis, mengecek surat elektronik bersama secangkir Cappuccino adalah denyut aktivitasnya sepanjang hari. Baginya, Internet seperti separuh napasnya. “Aku bisa mati, nggak dapat klien,” ujar gadis yang sudah tiga tahun terjun di bisnis periklanan itu.

Ke mana pun pergi, Nur selalu ditemani laptop Macintosh dan modem 3,5 G. Itulah yang menghubungkannya dengan ranah maya. “Tapi sekarang kualitas layanan 3,5 dari operator GSM sedang payah. Byarpet, kadang tersambung, kadang putus,” kata Nur. “WiFi di kafe juga kerap lelet. Adakah alternatif akses internet lain?”

“Penyakit” byarpet Internet kini memang jamak terjadi di jaringan GSM. Akibat jorjoran tarif murah menelepon, terjadilah lonjakan penggunaan telepon. Di beberapa operator, hal itu membuat akses Internet sering putus.

Teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) kini punya jawaban atas persoalan Nur. Sebentar lagi di Indonesia akan hadir teknologi akses Internet yang kencang. Bahkan bisa menyaingi akses generasi ketiga (3G) yang kini diusung oleh para operator GSM.

Teknologi baru itu adalah CDMA EV-DO (Evolution Data Only/Evolution Data Optimized) yang paling gres, yakni CDMA EV-DO Rev. A (baca revisi A). Ini adalah teknologi terbaru keluaran Qualcomm dari Amerika Serikat.

Dengan teknologi ini, pengguna Internet serasa memiliki hot spot raksasa. Mereka bisa mengakses Internet dari mana saja, sepanjang masih menangkap sinyal. Misalnya dari jalanan yang macet, dari kafe, dari kantor, lapangan bola, bahkan dari pinggir sawah atau pantai.

Teknologi CDMA EV-DO ini sebenarnya sudah pernah masuk ke Indonesia pada 2004. Waktu itu yang diboyong ke negeri ini adalah teknologi CDMA EV-DO Rev. 0 (baca Revision zero). Teknologi itu dibawa oleh Mobile 8 atau Fren.

Dengan teknologi EV-DO itu, pengguna bisa mencicipi kecepatan hingga 2,4 Megabit per second (Mbps) untuk unduh (download) atau 153 Kilobit per second (Kbps) untuk mengirim atau mengunggah data (upload). Saat itu, teknologi ini telah mengalahkan teknologi 3G keluaran GSM. Tempo waktu menjajal tayangan streaming tv lewat ponsel. Siaran SCTV bisa enak dinikmati lewat ponsel.

“Kecepatan adalah tuntutan pasar,” kata Hari Nugraha, Country Manager dan Senior Director Qualcomm Indonesia. “EV-DO adalah cara untuk memenuhi peluang pasar.” Qualcomm sendiri, Hari menambahkan, akan terus melakukan evolusi, dari EVDO Rev A (Rev=revisi) dan kemudian akan ada Rev B, C, dan seterusnya.

Kini, teknologi EV-DO Rev A telah hadir di Indonesia. Teknologi ini lebih baik ketimbang yang ditawarkan banyak operator CDMA di Indonesia, yang memakai teknologi CDMA 2000 1x yang kecepatan aksesnya maksimal 153 Kbps.

Berbeda dengan CDMA 2000 1x, kecepatan akses EV-DO Rev. A adalah 1,5 kali teknologi EV-DO Rev. 0. Kecepatan akses teknologi EV-DO Rev. A mencapai 3,1 Mbps.

Yang bikin sedap lagi, teknologi ini memungkinkan orang mengunggah atau mengirim data lebih cepat. Pada teknologi yang lama, EV-DO Rev. 0 kecepatan mengirim data hanya 153 Kbps, sedangkan pada Rev.0 kecepatannya naik menjadi 1,8 Mbps.

Fitur ini amat bermanfaat untuk orang-orang yang biasa mengirim lagu, video, atau data seperti para wartawan TV di berbagai daerah atau orang yang selalu mobile di lapangan.

“Kebutuhan mentransfer data sudah menjadi tren saat ini, dan pasti akan terus membesar,” kata Hari. “Orang -orang sekarang suka saling tukar data berupa foto, musik, dan video di Friendster, Facebook, Flickr.”

Teknologi EV-DO ini, menurut Hari, lebih baik ketimbang teknologi GPRS. Alasannya, pertama kecepatannya. Kedua, EV-DO ini dirancang khusus untuk menyalurkan khusus data. Data yang terkirim, ujar Hari, tak tercampur suara. Jadi, “Ketika traffic suara meningkat, akses data tak dikalahkan. Ini berbeda dengan GPRS, saat traffic suara meningkat, akses data dikalahkan.

Alasan ketiga, saat pengguna tak masuk jaringan CDMA EV-DO, otomatis pengguna akan dialihkan ke jaringan CDMA 2000 1x yang kini banyak tersebar di Indonesia. Kecepatan akses teknologi ini juga lumayan, tiga kali lebih cepat ketimbang akses melalui dial up ke telepon rumah (PSTN).

Di Amerika Serikat, teknologi EV-DO Rev A ini sudah lama populer. Buku elektronik Amazon, Kindle, pun memanfaatkan teknologi ini. Operator seluler, Sprint, misalnya juga sudah menggandeng produsen PDA asal Taiwan, yakni HTC, untuk menyediakan PDA dengan kecepatan tinggi. Sejumlah vendor dari Korea Selatan juga sudah menawarkan modem data.

====================================================================

DAN INI ADALAH BERITA YANG SEBENARNYA….

Paket Post Paid JUMP

PAKET BUNDLING MODEM
– Beli modem Rp. 999.000 (Periode Promosi)
– Mendapatkan paket REAL UNLIMITED (Unlimited Quota, Unlimited Speed, Unlimited Time) selama masa promosi sampai dengan 31 Januari 2009
– Membayar iuran bulanan Rp. 25.000/bulan selama masa promosi sampai dengan 31 Januari 2009
– Setelah masa promosi, mendapat quota 3GB/bulan dengan membayar bulanan Rp. 275.000/bulan (Kelebihan pemakaian Rp. 0,275/Kb)

PAKET FREE MODEM
– Hanya membayar biaya langganan Rp. 275.000/bulan selama 12 bulan (kontrak kartu kredit)
– Mendapatkan Free Modem
– Untuk periode promosi sampai dengan 31 Januari 2008 mendapat paket REAL UNLIMITED (Unlimited Quota, Unlimited Speed, Unlimited Time)
– Setelah periode promosi mendapatkan quota 3GB /bulan (kelebihan Rp. 0,275/Kb)

Paket Pre-paid

Beli modem Rp. 1.049.000 (Harga promo)
atau Cicilan Rp. 87.417/bulan dapat quota 10 GB
* Gratis kartu perdana
* Gratis akses internet dengan quota 10 GB (setelah diaktifkan)
* Masa aktif 60 hari; masa tenggang 30 hari
* Cara pembayaran : Tunai & Kartu kredit
* Dapat dicicil melalui kartu kredit BCA & BNI dengan bunga 0% (Sekitar Rp. 87.417/bulan selama 12 bulan)
* Dapat diisi ulang dengan voucher SMART ; dan sebelum masa aktif habis jumlah quota akan dapat terakumulasi

Fitur Modem

SMART EVDO MV-140B
Wireless Internet Broadband USB Modem

  1. Broadband Data up to 3,1 Mbps
  2. Voice Calling and Text messaging
  3. Dekstop or Laptop Compatible
  4. Microsoft Outlook Synchronization
  5. Display to View service Status
  6. Battery Maximizes Power Transmission

COVERAGE AREA: http://www.nge-jump.com/coverage-area

  • SAYANG…. HANYA UNTUK JAKARTA, BOGOR, BEKASI,TANGERANG & SEKITARNYA … BAGAIMANA BISA SMART ???

PANDUAN SINGKAT
Axesstel MV-140B (SMART JUMP)

2 Langkah Mudah

1. Instalasi Driver & Axesstel Manager -> Lihat buku panduan halaman 8 – 21
2. Konfigurasi :

Klik tanda roda gigi pada Axesstel Manager

Lalu klik “New”

Isilah dengan keterangan sebagai berikut:
  1. Ketik SMART pada box “connect name”
  2. Masukkan #777 di kolom phone (#777, adalah Gateway Number untuk koneksi data SMART)
  3. Ketik SMART pada kolom “user name”
  4. Ketik smart, di kolom “password”
  5. Setelah semua kolom diisi, centang remember password.
  6. Terakhir klik “Save”.

Setelah selesai instalasi,klik SMART lalu klik “Select”. Kemudian tutup window.

Klik “Click to Connect” untuk memulai menjelajah internet.

Panduan Singkat Copy dan Install Driver
Step untuk copy dan install driver :

  • Modem dalam keadaan “off”, tekan tombol “power” di bagian kanan bawah selama 6 detik ( sampai tulisan “Hello” muncul di layar modem )
  • Hubungkan modem segera ke komputer dengan kabel USB ke Notebook / PC ( Modem akan terbaca sebagai USB storage )
  • Copy semua file dan folder kecuali folder ‘CD Eject’
  • Lakukan instalasi driver seperti pada buku panduan

Apakah Smart EVDO itu?
– Adalah suatu layanan terbaru untuk koneksi data kecepatan tinggi dari Smart Telecom yang menggunakan teknologi EVDO rev. A yang memungkinkan pelanggan tersambung ke internet setiap saat (dalam cakupan Smart EVDO).
Bagaimana dengan Tarif?
– Tarif yang diberlakukan untuk Smart EVDO adalah flat untuk pemakaian kurang dari kuota yang ditentukan, apabila melebihi akan dikenakan tarif kelebihan pemakaian berdasar Kilobyte (Rp. 0,275/KB) . Tarif ini hanya untuk layanan data, untuk layanan lainnya (voice, SMS, VAS) akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif yang berlaku.
Bagaimana metode pembayarannya?
– Sistem pembayaran terbagi menjadi 2:

  • Pascabayar,
  • Prabayar

Perangkat apa yang digunakan untuk layanan Smart EVDO?
– Menggunakan CDMA EVDO Modem
– Khusus untuk layanan Smart EVDO,
– PC atau Notebook dengan USB Port yang mendukung OS windows XP, Vista dan Mac
Driver dan petunjuk instalasi Mac, dapat di download pada website ini:
Product – Download atau klik disini
Apakah ada EVDO Modem di pasaran bebas?
– Ada, tetapi belum tentu kompatibel dan sementara ini Smart tidak melayani layanan dengan menggunakan modem selain paket bundling, atau pelanggan bisa minta dilakukan pengecekan terhadap modem yg dimiliki kepada corporate care.
Apakah layanan Smart EVDO bisa di share pemakaiannya ke beberapa orang dalam satu LAN?
– Khusus USB modem direkomendasikan hanya untuk penggunaan single/sendiri. Untuk layanan yang membutuhkan share (LAN) silakan menghubungi corporate untuk solusi khusus.
Berapakah kecepatan tipikal untuk Smart EVDO?
– Tergantung pada lokasi dan kondisi. Pada jaringan EVDO pelanggan kemungkinan bisa mencapai kecepatan hingga 1,8Mbps, sedangkan pada jaringan 1X bisa mencapai 115Kbps.
Kendala apa yang menjadi hambatan layanan Smart EVDO?
– Signal lemah (berada di dalam gedung/basement)
Bagaimana dengan after-sales dan support?
– Call center : 881 , 0881 22 33 44 atau 021 31922277
– Galeri Smart
Dimana layanan Smart EVDO bisa digunakan?
– Pada dasarnya diseluruh jaringan Smart Telecom bisa digunakan, hanya terbatas pada kualitas CDMA 1X, khusus layanan EVDO (highspeed) hanya terdapat pada daerah/lokasi tertentu yang memang sudah mendukung.
Apakah layanan Smart EVDO sama dengan video call?
– Bukan, layanan video call (GSM 3G-UMTS) berbeda dengan Smart EVDO. Smart EVDO semata-mata dikhususkan untuk menggunakan PC/notebook untuk akses ke internet dengan menggunakan modem.
Apa saja yang bisa dilakukan dengan Smart EVDO?
– Seluruh layanan internet pada umumnya bisa berjalan pada Smart EVDO (misal, e-mail, browsing, chatting, video conference, online game, download, upload, dll)
Dimana layanan Smart EVDO pertama kali diluncurkan
– JABODETABEK
Bagaimana mekanisme aktivasi dan billing cycle?(khusus postpaid)
– Postpaid, Bulan pertama akan dikenakan prorata berdasarkan tanggal aktif, selanjutnya baru akan dikenakan tagihan penuh pada periode berikutnya.
– Jatuh tempo pembayaran adalah setiap tanggal 21 setiap bulannya.
– Apabila melewati masa pembayaran maka layanan sementara akan di blokir sampai pembayaran diterima.

Technical Frequently Asked Question (FAQ)

Masalah umum yang sering terjadi :

  • Instalasi :

Masalah yang sering muncul dalam melakukan instalasi driver adalah komputer tidak dapat menginstalasi driver. Yang sering terjadi di PC atau notebook, sebagai contoh adanya proteksi dari Administrator, dalam hal ini untuk membuka proteksi hanya kewenangan tim IT. Pastikan PC atau Notebook yang akan di instalasi driver, proteksinya sudah di buka oleh tim IT.
Instalasi sudah selesai tapi modem masih tidak bisa di gunakan?
Instalasi belum sempurna, lakukan instalasi ulang.
AxessTel manager sudah di install tapi device tidak terbaca?
Instalasi modem belum berhasil, lakukan update driver.
Apabila terjadi masalah tersebut, ikuti langkah-langkah berikut :
Klik START Control Panel System Device Manager maka akan muncul window seperti berikut :Klik kanan pada tanda seru berwarna kuning, kemudian klik “Update Driver”
Kemudian akan muncul langkah berikut :

  • Update driver sudah dilakukan tapi masih ada tanda seru?

Uninstall lalu restart computer dan ulangi seluruh proses instalasi

  • Apakah baterai harus terpasang selama modem digunakan?

Ya, device tidak akan berfungsi tanpa baterai

  • Apakah charger harus terpasang selama modem di gunakan?

Tidak harus, karena modem akan mengisi baterai selama dihubungkan melalui kabel mini USB.

  • Axesstel Manager sudah terinstall tapi tidak bisa melakukan koneksi?

Cek connection profile jika masih kosong lakukan Add connection profile.

  • Connection profile sudah di buat tapi tidak bisa connect?

Cek balance dan status MDN di CBOSS

  • Tidak bisa connect EVDO tapi 1x berhasil ?

Telp call center atau datang langsug ke Galeri Smart terdekat.

  • Apakah AxessTel MV140 bisa di gunakan di Windows Vista?

Ya, dengan treatment instalasi yang sama persis dengan Windows XP.

Password & Setting

  • Sering kali user lupa melakukan setting Axesstel Manager dan langsung melakukan koneksi ke internet.
  • Koneksi tidak akan berhasil tanpa dilakukan setting terlebih dahulu.
  • Selain kesalahan-kesalahan mendasar seperti tadi, suspend account juga dapat mengakibatkan modem tidak dapat melakukan koneksi internet.

Explore posts in the same categories: Tentang Provider

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: