deddynoer: Busby SEO Test : SEO dan 13 Dasar Strategi SEO untuk Pemula

Busby SEO Test sebuah kontes SEO yang kita semua tahu. Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan SEO? SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization (optimasi mesin pencari) merupakan sebuah proses optimalisasi agar website atau blog kita ditemukan oleh search engine (mesin pencari) pada urutan awal halaman hasil pencarian dengan keyword (kata kunci) yang telah ditentukan (tembak, bidik) terlebih dahulu. Dengan kata lain website/blog kita terbaca atau terindex di search engine dengan perantara “keyword” sehingga jika seseorang nun jauh disana mengetik sebuah kata atau phrase kalimat (keyword) pada search engine semisal google.com secara natural google akan memberikan hasil pencariannya dan blog kita berada dihalaman awal untuk keyword tertentu.

Apa fungsi SEO? Seperti yang diungkap salah seorang rekan saya, awal fungsi SEO adalah untuk strategi pemasaran yang digunakan para internet marketing untuk menjual suatu produk/jasa dengan memanfaatkan search engine. Penggunaan search engine dalam memasarkan produk/jasa diinternet disinyalir merupakan cara yang lebih murah dan lebih efektif daripada memasang iklan pada layanan PPC atau iklan lainnya dan tentunya penggunaan SEO lebih terasa “natural” dalam menjual produk/jasa.

Saya sendiri bukanlah seorang ahli SEO, hanya saja selama melakukan kegiatan blogging, pengembaraan di blogoshepere SEO lambat laun mulai terpelajari dan terpahami dengan sendirinya meskipun ada banyak strategi SEO yang masih jauh diluar kemampuan. Bagaimanapun dasar-dasar SEO yang pertama adalah yang utama untuk mulai belajar SEO, oleh karenanya pada artikel ini saya coba menghadirkan teknik atau strategi dasar SEO untuk pemula agar blog kita berada diurutan awal-awal hasil pencarian search engine yang saya beri judul “SEO dan 13 Dasar Strategi SEO untuk Pemula.”

Berikut 13 cara dasar strategi SEO agar blog Anda menempati posisi awal pada search engine.

1. Page Title Bar. Page title bar merupakan informasi sebuah halaman blog seperti halnya pada penggunaan software semisal MS Word, Photohop atau Corel kita biasa melihat ada title bar paling atas biasanya berwarna biru. SEO yang baik pada title bar browser tersebut memuat keyword yang tengah dibidik dan lebih baik menggunakan 2 keyword utama pada title bar. Contoh, Busby SEO Test | Learn SEO.

2. Nama Domain. Nama domain merupakan yang paling utama dalam optimasi, jika nama domain Anda sesuai dengan keyword yang tengah dibidik maka itu merupakan nilai plus dalam persaingan SEO di mata search engne. Misalkan Anda tengah membidik keyword Busby SEO Test, jika nama domain Anda http://www.busbyseotest.com maka itu berarti point plus untuk target keyword SEO Anda.

3. Subdomain. Jika nama domain memang sudah tidak memungkinkan untuk optimasi keyword, Anda bisa menggunakan subdomain. Misalkan bidikan keyword Anda Busby SEO Test sedangkan nama domain Anda http://namadomain.com maka Anda masih bisa mengoptimasi dengan subdomain http://namadomain.com/busbyseotest.

4. Meta Tag. Meta tag merupakan deskripsi pada sebuah halaman blog yang tersembunyi dan hanya tampak pada source code. Search engine biasanya mengindex sebuah blog melalui perantara meta tag, meskipun sekarang hal tersebut kurang berlaku tetapi pengunaan meta tag tetap tidak bisa diabaikan. Maka untuk lebih optimal sebaiknya meta tag (meta description dan meta keyword) tetap digunakan dengan deskripsi tidak lebih dari 160 karakter.

5. Tag Header. Tag header adalah kode HTML yang menunjukkan sebuah headline (informasi utama) seperti kode HTML H1, H2 dan H3 dan headline ini tentunya terlihat lebih besar dengan tulisan tebal (bold) dalam isi postingan blog kita. Tiga header pertama menurut para ahli SEO adalah yang perlu diperhatikan. Header H1 merupakan target keyword utama, selebihnya gunakan pengulangan target keyword pada H2 dan H3.

6. Tag Alt pada image. Jika postingan Anda menggunakan image, pertama untuk lebih SEO friendly maka beri nama ektensi image tersebut dengan keyword yang Anda bidik (sebelum di upload) jika sudah terlanjur maka Anda bisa menggunakan cara kedua yaitu memberikan Alternative text (alt) pada image tersebut. Lebih jauh penggunaan Alt ini bermanfaat jika image tidak berfungsi dikarenakan hosting yang down atau ada masalah lain maka Alt ini yang akan muncul menggantikan image.

7. Format Konten. Search engine memperhatikan format konten blog kita, seperti jika teks dalam postingan kita tersebut bold, italic atau underline. Maka perhatikan keyword kita untuk diberi tanda bold, italic atau underline.

8. Keyword density. Keyword density atau kepadatan keyword merupakan rujukan atas sering tidaknya sebuah keyword muncul pada halaman blog Anda. Lebih banyak keyword yang Anda tulis pada halaman blog tidak menentukan bagusnya optimasi. Keyword density yang baik adalah 2% hingga 7% dari keseluruhan halaman blog Anda. Lalu bagaimana kita bisa mengukur keyword density ini, mudah saja tinggal gunakan tool online untuk mengecek keyword density di http://www.webconfs.com/keyword-density-checker.php atau http://www.seochat.com/seo-tools/keyword-density. Atau mungkin Anda mempunyai alat untuk mengecek keyword density ini, silahkan saja gunakan untuk optimalisasi search engine Anda.

9. Anchor Text. Anchor text adalah link dalam postingan yang menghubungkan pengunjung Anda pada halaman lain. Jadi dari pada “hanya” mengunakan kalimat “Klik disini” lebih baik Anda menggunakan anchor text sebagai optimasi keyword Anda. Misal: “Klik disini untuk mengetahui tentang Busby SEO Test.”

10. Inbound Link. Reciprocal link (timbal balik link) atau link exchange (tukar link) bisa digunakan untuk menarik perhatian search engine ke blog kita. Namun saat ini search engine lebih memperhatikan kualitas dan popularitas sebuah blog dalam inbound link dan bukan dalam reciprocal link. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas backlink ke blog kita adalah mensubmit artikel pada direktori yang memiliki traffic tinggi.

11. Dmoz.org. Cara untuk mendapatkan kualitas backlink adalah mengsubmit web/blog Anda pada direktori yang diperiksa langsung oleh orang lain (manusia bukan robot crawl). Google dan search engine lain lebih mempercayai kredibilitas direktori yang diperiksa oleh manusia bukan robot. Namun faktanya untuk masuk wilayah direktori ini dirasa sungguh sangat sulit sekali, namun jika Anda berhasil masuk maka inbound link berkualitas pun bakal Anda dapatkan.

12. Konten fresh. Content is still king. Ya konten blog yang fresh, baru dan terus update masih teuteup menjadi raja untuk optimasi search engine. Jadi tidak ada jalan lain yang lebih optimal untuk SEO dan meningkatkan hasil pencarian search engine pada awal-awal halaman selain menulis dan menulislah konten yang fresh dan terus update dengan menyajikan keyword sama dalam setiap title dan konten artikel. Dengan kata lain search engine menyukai blog yang fokus dalam satu pembahasan dan terus update pada pembahasan tersebut. Update artikel terbaik adalah mingguan.

13. Sitemap. Sitemap atau peta situs membantu pengunjung blog Anda untuk melihat “menu” navigasi isi blog Anda dan sitemap memang dirancang untuk memudahkan search engine dalam menelusuri blog Anda. Untuk meningkatkan blog Anda di mata search engine maka submit sitemap blog Anda pada google webmasters atau pada Yahoo Site Explorer agar search engine tersebut benar-benar menjadi ramah pada blog Anda.

Demikian 13 strategi optimasi search engine untuk pemula. SEO memang tidak sesulit yang terbayangkan selama ini namun juga tidak begitu mudah karena diperlukan pula research keyword terbaik untuk blog Anda. Meski demikian SEO memang menyenangkan untuk dipelajari, karena dengan SEO segalanya menjadi mungkin dan alasan lebih baik adalah kita tidak perlu membayar jasa iklan untuk memperkenalkan produk/jasa kita pada net user.

Explore posts in the same categories: Tentang Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: