deddynoer: Tentang Ayah

Cinta dan Kasih Sayang Ayah Dalam Rumah Tangga Modern. Cinta pada hakikatnya hanyalah sebuah kata. Sebuah kata ajaib yang diberikan Allah swt kepada umat manusia. Dengan cinta itu orang tua mempunyai kekuatan yang tidak ada batasnya dalam merawat dan mengatur rumah tangganya, mendidik anak-anaknya dengan benar yaitu dengan cinta dan kasih sayang yang tulus tanpa pamrih. Cinta yang diliputi degan aura kesabaran yang besar, tidak pemarah, tidak dengki, tidak iri dan tidak mementingkan diri sendiri.

Dengan dan atas nama cinta, orang tua akan rela dan ikhlas mengorbankan seluruh kepentingan dirinya pribadi demi kepentingan keluarganya, terutama demi kepentingan dan kebahagiaan anak-anak buah cinta dan kasih sayang dan anugrah illahi atas pernikahan mereka.

Orang tua yang selalu hidup dengan aura cinta dan kasih sayang dalam rumah tangganya yang harmonis sesungguhnya telah mengajarkan kepada anak-anaknya untuk saling mengasihi dengan sesama. Dengan melihat dan merasakan cinta dan kasih sayang pada kedua orang tuanya, anak secara perlahan-lahan akan mencoba membayangkan cinta dan kasih sayang tuhan kepadanya. Sehingga orang tua yang bijaksana akan selalu berusaha dengan sekuat tenaga dan seluruh upayanya mempertahankan cinta dan kasih sayang dalam keluarganya agar tidak hilang dan lenyap ditelan kesibukan dan rutinitas masing-masing anggota keluarganya.

Seorang ibu yang arif hanya akan selalu memakai kekuatan cinta dan kasih sayang dalam memenangkan pertarungan mengambil perhatian anak-anaknya, sehingga anak yang dianugrahkan Allah swt kepadanya tetap berada dalam pelukan kasih sayang sejati ibunya. Dan seorang ayah yang bijak akan selalu meluangkan waktunya untuk mengungkapkan cinta dan kasih sayangnya kepada keluarga dan anak-anaknya, sehingga anak dalam pegaulan dengan lingkungannya selalu merasa nyaman dengan keyakinan bahwa cinta dan kasih sayang orang tuanya selalu hadir bersamanya dimanapun dia berada.

Tidak selayaknya seorang ayah membebankan seluruh tanggung jawab yang terlalu besar hanya kepada ibu dalam mendidik anak-anaknya. Fungsi dan peranan seorang ayah dalam rumah tangga modern sebetulnya telah mengalami perubahan dan perkembangan makna dari hanya sebagai seorang suami yang bertugas dan bertanggungjawab memberikan nafkah lahir dan batin kepada keluarganya tetapi juga telah berperan cukup besar dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak sebagamana seorang ibu yang telah mengambil sebagian tanggungjawab keuangan keluarga dengan ikut bekerja membantu mencari nafkah demi kebahagiaan dan masa depan anak-anak

Tidak bisa dimungkiri bahwa rutinitas pekerjaan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan keluarga telah menyita terlalu banyak energi seorang ayah dan sorang suami. Namun semua keletihan itu, rasa capek dan kepenatan tidaklah bisa dijadikan alasan yang terlalu kuat untuk mengabaikan kasih sayang kepada anak-anak yang selalu menunggu setiap hari ayahnya pulang. Anak yang selalu menunggu perhatian untuk mendapatkan cinta kasih dari sang ayah. Anak yang ingin menyampaikan seluruh kisah dan perjalanan serta pertarungan hidup yang dilaluinya hari itu kepada sang ayah yang mencintainya dan diidolakannya.

Sampai kapan pun figur seorang ayah dalam sebuah keluarga, akan selalu menjadi faktor dominan serta panutan, contoh serta tauladan yang utama bagi anak-anaknya. Seorang ayah yang selalu kekurangan waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya di luar rumah, sehingga terpaksa mengorbankan waktu untuk keluarga dan anak-anaknya, akan cendrung membuat anaknya tumbuh menjadi anak-anak yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Anak-anaknya akan menjadi anak yang keras kepala, tidak mau mendengarkan nasehat dari orang lain dan pada akhirnya juga akan melupakan dan mengabaikan perintah tuhannya. Anak adalah cermin yang sangat jernih dan sangat terang untuk menggambarkan bagaimana perlakuan ayahnya terhadap keluarga dan anak-anaknya.

Tentunya bukan suatu yang sangat berlebihan dan terlalu berat bagi seorang ayah yang perkasa untuk meluangkan sedikit waktu berbagi cerita dan bermain dengan anak-anak yang merindukannya dari pagi dan menemani belajar. Seorang anak sangat membutuhkan pengalaman dan wawasan ayahnya sebagai bekal kelak dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan persaingan dan tekanan. Semakin lama persingan dan tekanan itu akan semakin berat. Mungkin akan jauh lebih berat dari tekana hidup yang ada sekarang.

Disadari atau tidak, sesungguhnya secara naluriah seorang anak akan dapat merasakan pacaran dan getaran serta potensi cinta dan kasih sayang yang sangat besar dari ayahnya untuk dicurahkan kepadanya, karena dengan potensi cinta dan kasih sayang yang besar itu pulalah sesunggunhya sang ayah telah memikat hati ibunya dulu. Potensi cinta dan kasih sayang sebagai sorang ayah yang sekarang ditunggu sang anak dari ayahnya. Harapan yang belum kuasa diucapkan dengan kata-kata yang mewakili naluri dan perasannya

Seorang ayah yang bijaksana pasti akan selalu mampu memenuhi harapan keluarga dan anak-anaknya serta pasti selalu mampu mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang dengan bahasa dan cara-cara yang cerdas dan arif terhadap anak-anaknya. Tanpa campurtangan yang besar dari sang ayah tentunya akan sangat sulit untuk mempertahankan dan mengembangkan aura cinta dan kasih sayang yang tumbuh dan terbina dalam sebuah keluarga. Sesungguhnya ikatan cinta dan kasih sayang dalam sebuah keluarga merupakan salah satu bukti nyata dari cinta dan kasih sayang Allah swt, karena dengannya manusia bisa mencurahkan seluruh naluri dan rasa cinta dari perasannya yang palin dalam lautan kasih tanpa pamrih, selain hanya mengharap ridha dari Allah swt

Explore posts in the same categories: Tentang Hidoep

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: